foto sumi aidha faidatul dan kawan enemy. enemy nyoonyoo faidatul anisah

Rabu, 19 Juni 2013

Resep Sambal Terong


Untuk anda pecinta makanan khas indonesia pasti sudah tidak asing dengan salah satu buah sayur khas Indonesia yaitu terong. Buah terong ini bisa divariasikan menjadi beberapa jenis resep masakan termasuk pada resep sambal. Beberapa daerah di Indonesia memang memiliki resep sambal khas yang tak ditemui di daerah lain, seperti pada daerah Trenggalek yang memiliki resep sambal terong sebagai sajian khasnya. Berbeda dengan resep sambal lainnya yang berwarna merah menyala, resep sambal terong ini justru cenderung berwarna kecoklatan karena adanya campuran dari bahan kecap manis. Tetapi meskipun begitu rasa dari resep sambal terong ini tetap terasa pedas di lidah.
Untuk anda pecinta terong dan pecinta rasa pedas, resep sambal terong ini tentu bisa anda jadikan sebagai salah satu menu favorit anda dalam melengkapi sajian anekaresep ayam, ikan hingga resep masakan gorengan anda. Untuk membuatnya pun tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit serta cara membuatnya tidaklah sulit. Penasaran dengan rasanya? berikut resep sambal terong yang bisa anda buat sendiri di rumah.
Bahan :
½ kg terong ungu potong jadi dua bagian
150 ml air putih
1 sendok makan kecap manis
Bumbu Halus :
2 butir bawang putih
5 butir bawang merah segar
75 gram cabe merah segar
1 butir tomat bagus
1 sendok makan garam
¼ sendok teh vetsin/bisa diganti penyedap
1 sendok makan gula merah
Cara membuat :
1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum.
2. Masukan air, kecap, terakhir terong , masak sampai terong layu dan matang.
3. Sambal terong siap untuk disajikan.
Mudah bukan membuat resep sambal terong di atas? Jangan lupa pilih buah terong yang tidak terlalu tua dan masih segar agar rasanya tetap lezat di lidah anda. Untuk sajian penutupnya, sajikanlah aneka resep kue kering dan resep kue basah dari kami untuk keluarga anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar